Wednesday 2 December 2009

Internasional Conference in Jogja: Refleksi

Selama dua hari ini 1-2 Desember, saya mengikuti Internationnal Conference tentang Indonsia di Jogjakarta. Ini adalah conferensi Internasional pertama yang saya ikuti sebagai presenter. Sebelumnya saya pernah ikut beberapa kali, namun hanya sebagai pesarta, itupun menjadi pendengar yang baik. Kali ini saya mejadi bagian dari para akademisi yang mempresentasikan hasil penelitiannya. Sangat menyenangkan karena saya bertemu dengan banyak orang yang memilikiminat yang sama, bukan pada subjek kajian, namun pada semangat belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Namun saya juga malu, banyak hal yang saya merasa sangat kurang dibandingkan dengan banyak orang yang hadir di sini. Saya menulis ini sebagai sebuah bentuk refleksi untuk pengembangan diri saya di masa depan. Alhamdulillah kalau ini juga bermanfaat untuk teman-teman.

Konferensi ini diikuti oleh peneliti muda dari berbagai belahan dunia yang sedang melakukan penelitian tentang Indonesia dalam berbagai disiplin ilmu, khususnya Ilmu Sosial. Dari informasi panitia saya mendengar, dari 200 presenter yang mempresentasikan makalahnya, 50 diantaranya adalah orang asing. Namun bukan ini yang menyebabkan forum ini mejadi bermakna, tapi kajian yang dihasilkan oleh peneliti-peneliti muda dari berbagai tempat di dunia menunjukkan sebuah perkembangan sangat berarti dalam dunia akademik Indonesia.

Secara singkat saya bisa sebutkan konferensi ini ....
Bersambung....

1 comment:

  1. kok bersambung... mana sambungannya!?

    ini juga ada refleksi dari saya ttg konferensi di yogya... mohon tanggapannya...

    http://jgrayman.wordpress.com/2009/12/03/perceptions-of-aceh/

    ----
    saya tadi mencari opini di serambi tapi akhirnya temukan blog ini... selamat! I like this blog a lot. Berjuang terus...

    ReplyDelete

5 Cara Menemukan "Masalah" Penelitian

Sepertinya tidak ada orang di dunia yang tidak ada masalah. Dari banugn tidur hingga tidur lagi orang selalu terlibat masalah. Bahkan tidu...