Saturday, 12 December 2009

e-Buku Gratis di Internet

Dalam menulis dan melakukan penelitian sering kali kita dihadapkan dengan masalah referensi. Keterbatasan ini menyebabkan kajian yang dilakukan terasa sangat sempit dan konteksnya lokal. Saya merasakan sendiri ketika menghadiri forum-forum ilmiah nasionan dan internasional (hanya dua kali) bagaiman tulisan teman-teman dari daerah non-ibukota sangat dangkal dan lemah dalam analisis. Ini bisa jadi karena keterbatasan metodologi yang bersangkutan, namun tidak tertutup kemungkinan karena keterbatasan referensi dlam melakukan perbandaingan dan analisis. Yang aneh bin ajaib, seringkali seseorang mengambil dan berpedoman pada teori-teori besar dan klasik namun dalam analisisnya hanya menggunakan referensi lokal berupa opini di koran atau makalah seminar yang dibuat dengan sitem kebut semalam. Artikel yang demikian terasa bagaikan tiba-tiba jatuh dari puncak gunung yang tingggi.

Belakangan ini saya sangat terbantu dengan beberapa situs di internet yang menyediakan buku gratis. Kebanyakan memang berbahasa Inggris sehingga sulit bagi saya untuk memahami dan mendalaminya. Namun ini juga perlu sebagai langkah awal memperlancar bahasa yang sangat banyak dipakai dalam menulis hasil penelitian tersebut. Berikut saya coba share beberapa situs yang pernah saya pakai untuk download buku:

Avaxsphere
Situs ini diperkenalkan oleh Rima Syahputra kepada saya beberapa tahun yang lalu (thanks Rima).Memiliki koleksi ratusan ribu buka dalam berbagai bidang. Untuk mendaptkan buku dari situs ini tidak perlu mendaftar karena semua dapat diperoleh dengan gratis. Di sisi kiri disediakan topik-topik besar yang dapat dipilih. Untuk buku agama dapat memilih topik theology lalu pilih east. DI sana banyak buku-buku tentang Islam. Anda bisa juga menggunakan fasilitas search yang ada di sisi kiri di bawah daftar tobik buku yang ada. Akan muncul buku yang dimaksudkan dalam jumlah yang sangat banyak. Untuk mendownload bukunya silakuakan pakai beberapa situs penyimpanan file yang disediakan. Kebanyakan adaalh filefactoru, easyshare, rapidshare, megaupload, dan lainnya. Tinggal klik di situs penyimpanan yang disediakan akan terbuka layar baru dan ikuti perintah selanjutnya seperti anda mendownload file lain di internet. Oiya, di situs ini juga tersedia majalah dari berbagai belahan dunia, program komputer gratis, film dan banyak lainnya.

Gigapedia
Situs lain yang tidak kalah banyak bukunya adalah Gigapedia. Saya baru beberapa bulan ini mengenai situs ini dan sudah sering memakainya. Untuk mendapatkan buku diperlukan pendaftaran edngan email gmail. Klik registrasi di bagian kanan atas dan akan disedikan form untuk mendaftar. Kalau belum memiliki email di gmail maka anda harus membuat email dulu. Sebab gigapedia hanya melayani yang pakai gmail. Kalau sudah terdaftar, anda bisa gunakan username dan pasword itu untuk login. Saat awal dibuka anda bisa melakukan searching di kolom kanan atas untuk mendapatkan buku yang anda inginkan. Jangan lupa pilih gigapedia di samping kolom search. Sebab di sana ada juga google dan yahoo. kalau tidak dipilih Gigapedia, maka ada kemungkinan yang keluar adalah searching di yahoo atau google sehingga buku yang anda maksudkan tidak berjumpa. Gunakan maksimal dua kata untuk searching. Atau kalao topiknya sangat khusus, anda bisa gunakan satu kata saja. Misalnya: Islam, aceh, indonesia, dan lain sebagainya.

Ebookee

Situs ini juga menyediakan banyak buku gratis. Namun buku yang saya cari tidak banyak disediakan di sini. Anda bisa lihat daftar buku yang disedikan di halam depan ketika pertama kali dibuka. Tinggal pilih topik yang anda inginkan lalu ikuti langkah yang diperlukan. Tidak perlu mendafar untuk mendapatkan bu di sana.

Selain itu anda bisa juga pilih link-lingk berikut ini:
http://manybooks.net/
http://www.filebook.net/
http://www.ebookshare.net/
http://www.sharetera.com/ebooks/
http://free-ebook-download.net/
http://koleksi-free-ebook.blogspot.com/

Selain situs yang meyediakan buku gratis tersebut, anda juga bisa masuk ke perpustakaan online, di mana disediakan jutaan buku yang bisa anda baca langsung. Diperlukan internet dengan akases yang lumayan cepat untuk membacanya. Namun ini bisa dipakai jika anda tidak dapat memperoleh buku gratis di situs lain. Di perpustakan online anda tidak bisa mendownload buku lengkap sebagaimana di situs di atas, namun anda bisa mencopy beberapa halaman yang diperlukan untukm kutipan dalam tulisan yang sedang anda buat. Untuk daftra pustaka online lihat di: Online Libraries dan Education Portal.

Ada situs lain? Plis Share....

NB: Tulisan ini juga dimuat di www.sehatihsan.blogspot.com

2 comments:

  1. google books... atau ebookee.com sering saya gunakan..
    semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. terima kasih infonya. hanya saja googlebpooks tidak meberikan buku secara utuh, kadang2 bikin kesel juga karena bagian pentingnya tidak didisplay. heheh

    ReplyDelete