Wednesday, 6 August 2008

Aliran Modern Dalam Islam

Islam yang datang pada awal abad ke 6 Masehi memiliki sebuah semangat pembaharuan di kalangan masyarakat Jahiliah. Banyak budaya Arab lama yang tidak memiliki nilai-nilai universal dan kemanudiaan diubah oleh Nabi Muhammad. Setelah lebih dari dua puluh tahun kenabian, maka Masyarakat Arab menjadi masyarakat yang beradab dan memiliki nilai-nilai hidup yang mulia berdasarkan Ajaran Islam yang dibawa Nabi.
sayangnya, peradaban yang berlandaskan ajaran Islam di dunia Aran ini tidak bertahan lama. setelah Nabi wafat budaya Aran dan buaya asing yang ada di sekitar masyarakat Arab kembali menyusup ke dalam ajaran murni Islam. Bukan hanya dalam budaya masyarakat, namuan juga dalam sistem pemikiran sehingga berpengaruh pula dalam interpretasi teks-teks keislaman. Teksi ini kemudian menjadi pedoman utama dalam masyarat Islam selanjutnya dalam menjalankan agama. akibatnya, dalam masyarakat muslim tidak hanya berkembang ajaran islam murni, namun berkembang pula islam hasl interpretasi yang dipengaruhi oleh budaya asing tersbut.

Dalam dunia islam modern, banyak cendikiawan hadir untuk memberikan interpretasi murni terhadap ajaran islam, tujuannya agar islam kembali kedasarnya, yakni islam sebagaimana difahami oleh Rasulullah. ....


No comments:

Post a Comment